Manfaat dan Khasiat Saffron Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Saffron Bagi Kesehatan1
Saffron atau kuma-kuma adalah merupakan nama rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Bagian yang diambil adalah bagian tangkai putik yang menghubungkan stigma dengan bagian bunga paling dalam yang diambil lalu dikeringkan yang kemudian akan menjadi bumbu masak yang sangat berharga. pada umumnya saffron berbentuk seperti benang yang berwarna orange agak kemerahan. Saffron biasanya digunakan untuk menambah aroma dan memberikan warna merah keemasan pada menu masakan tertentu.

Selain sebagai bumbu masakan, saffron juga ternyata memiliki manfaat yang baik dalam bidang kesehatan. Saffron sendiri memiliki komposisi yang unik dan bisa menjadi tambahan yang baik dalam menjaga kesehatan manusia. Saffron diketahui kaya akan senyawa folatil, karotenoid, safranal, crocin, antioksidan, vitamin, mineral  serta berbagai macam biokimia lainnya yang penting bagi kesehatan kita.

Berikut ini adalah berbagai manfaat kesehatan dari saffron, diantaranya:
  1. Menjaga system kekebalan tubuh.
  2. Mencegah gangguan pada perut.
  3. Memperbaiki sirkulasi darah.
  4. Memperbaiki tekanan darah.
  5. Memperbaiki fungsi saraf.
  6. Mencegah peradangan.
  7. Mencegah diabetes.
  8. Memperkuat tulang.
  9. Memperbaiki mood.
  10. Mencegah kanker.
  11. Mencegah nyeri.

Meskipun saffron memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, sebaiknya kita jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. karena penumpukan berbagai komponen aktif dalam tubuh kita nantinya bisa menyebabkan berbagai efek yang berbahaya bagi tubuh kita. pada umumnya saffron tidak menyebabkan efek samping maupun alergi ketika dikonsumsi dalam dosis kecil.

Mengkonsumsi saffron secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai kondisi, seperti mulut kering, pusing, mual, kelelahan, nafsu makan berubah serta dapat menyebabkan depresi. Namun umumnya kasus seperti ini sangat jarang terjadi. Sebaiknya konsultasikan pada orang yang ahli tentang obat herbal atau dokter ahli sebelum menggunakan saffron ini untuk kesehatan kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siput Laut Masak Tauco / Periwinkle in spicy sauce

Penting, cara menghaluskan bumbu dapur efisien, mudah dan praktis!

Resep Capcay Kekian Kampung