Resep Memasak Soto Babat yang Enak dan Nikmat

Soto babat Lezat1

Soto babat adalah soto yang berbahan dasar dari bagian tubuh sapi yaitu babat. Babat sendiri terdapat bermacam - macam jenisnya, diantaranya ada yang berbentuk tipis berupa lembaran yang bersusun, ada yang tebal seperti handuk dan ada pula juga yang bermotif seperti sarang tawon. Begitu pula dengan jenis soto babat, soto babat pun terdapat banyak variasinya yang merupakan ciri khas penyajian yang berasal dari tiap-tiap daerah. 
Dari daerah madura, betawi atau lamongan, dari yang berkuah bening bahkan yang berkuah santan. dan dari semuanya itulah yang menambah kekayaan kuliner nusantara yang sangat beraneka ragam. Sedangkan resep yang akan di bahas di bawah ini adalah resep khas rumahan saja guna untuk menambah banyaknya variasi hidangan keluarga kita. berikut ini adalah cara mudah dan praktis pembuatan Soto Babat yang Enak dan Nikmat :

Bahan dan bumbu :
  1. 1 kg babat sapi, potong kecil-kecil sesuai selera.
  2. 2 batang serai, memarkan.
  3. 2 lembar daun jeruk.
  4. 2 lembar daun salam.
  5. 1 buah jeruk nipis, potong-potong
  6. 1 1/2 liter air.
  7. 1/2 sdt penyedap rasa.
  8. 2 sdm minyak untuk menumis.
  9. 1 sdt gula pasir.

Bumbu yang dihaluskan :
  1. 1 sdt merica butiran sangrai.
  2. 6 butir bawang merah.
  3. 6 butir kemiri sangrai.
  4. 5 siung bawang putih.
  5. 4 cm kunyit.
  6. 4 cm jahe.
  7. Garam secukupnya.

Untuk Pelengkap penyajiannya :
  1. Mie sohun, rendam dengan air hangat dan tiriskan setelah lunak.
  2. Kol, potong-potong seusai selera.
  3. Terlur Rebus, Potong menjadi 2 bagian.
  4. Bawang goreng sebagai taburan.
  5. Daun bawang, Iris-iris.
  6. Jeruk nipis.

Cara membersihkan babat agar tidak bau amis:
  • Rebus kedalam air yang sudah mendidih atau bisa juga untuk lebih lengkapnya bisa juga dengan memasukkan bahan bahan seperti lengkuas, serai dan daun jeruk karena bumbu dapur yang beraroma tajam dapat mengurangi bau khas dari babat tersebut serta jangan lupa buang air rebusannya.
  • Setelah terlihat empuk kemudian bersihkan babat dengan cara menyikat atau kerik babat hingga bersih sambil disiram dengan air yang mengalir.
  • Buang lapisan dalam yang terdapat di dalam babat, cuci hingga bersih dan babat yang sudah dikerik kemudian beri air kapur sirih. Remas-remas hingga baunya menghilang lalu cuci kembali hingga menjadi bersih.

Cara Memasak Soto Babat Sapi :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, serta masukkan daun salam, daun jeruk dan serai hingga harum. Aduk hingga rata lalu matikan api.
  2. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi masukkan juga babat sapinya. Masukkan penyedap, gula beserta air perasan jeruk nipis, kemudian masak sampai mendidih dan terlihat matang.
  3. Siapkan mangkuk saji, letakkan mie sohun dan irisan kol lalu siram dengan kuah beserta babat sapi yang sudah matang tadi. Jangan lupa taburi dengan irisan daun bawang, bawang goreng beserta telur rebus yang sudah di potong menjadi 2 bagian. dan soto babat pun telah siap untuk dihidangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siput Laut Masak Tauco / Periwinkle in spicy sauce

Penting, cara menghaluskan bumbu dapur efisien, mudah dan praktis!

Resep Capcay Kekian Kampung