PHILIPINOS CHEESE CUPCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh
Ngubek-ngubek foto di laptop eeeh...ketemu sama foto cupcake ini, ternyata belum sempat posting di blog ya resepnya. Sayang banget kalau gak diposting karena menurut saya resep cheese cupcake ini recomended banget. Sssttt... padahal ini bikinnya udah bulan Mei kemarin dan resepnya juga sebenarnya sudah diposting di IG hehehe.

Pertama kali tau resep ini dari blog mbak Hesti, mohon maaf saya lupa siapa yang pertama kali share resep ini.  Langsung penasaran dengan review dari mbak Hesti yang menyebutkan kalau cupcake ini teksturnya lebih lembut dan tidak sepadat cupcake lain. Biasanya cupcake memang dibuat dengan buttercake methode, jadi memang teksturnya tidak selembut cake yang dibuat dengan cara spongecake methode. Pasti penasaran donk gimana dengan cupcake ini dan akhirnya latah lah saya untuk ikutan bikin. Setelah saya coba memang benar, teksturenya tidak "seberat" cupcake lainnya, jadi memang harus dicobain deh resep ini. Sayang sekali saya gak punya foto tekstur cupcake-nya, kayanya udah kehapus juga hiiiks. In shaa Allah next time kalau bikin lagi akan saya posting fotonya disini yaa.






PHILIPINOS CHEESE CUPCAKE

Bahan :
1 3/4 cup tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 cup butter, suhu ruang
1/3 cup gula pasir halus (resep asli 1/2 cup)
2 butir telur
1 sdt vanilla paste
1 kaleng susu kental manis (375 gr)
1 cup keju cheddar parut (resep asli 1/2 cup)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang cupcase atau loyang muffin
2. Campur dan ayak tepung terigu dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok telur, butter dan gula hingga mengembang dan rata kemudian masukkan vanilla paste. Kocok kembali hingga rata.
4. Masukkan terigu dalam 3 tahap, berselang seling dengan susu kental manis. Diawali dan diakhiri dengan terigu ya. Kocok hingga rata dan matikan mixer.
5. Masukkan parutan keju, aduk rata.
6. Tuang di cup hingga 3/4 penuh, taburi keju parut dan panggang hingga matang. Oven saya kurang lebih 25 menit, waktunya disesuaikan masing-masing oven ya.
7. Angkat dan siap disajikan.

Eh ya sedikit curcol yaaa, kalau saya posting resep dengan satuan cup seperti resep di atas pasti bisa dipastikan banyak yang DM ke saya, 1 cup berapa gram, 1/2 cup brapa gram dst...dst. Biasanya sih kalau di IG saya cantumkan, 1 cup terigu dan gula halus = 110 gr, 1 cup butter = 225 gr dengan harapan bisa lah ngitung sendiri, tapi ternyata masih banyak juga yang minta dihitungin hihihi. Bukannya saya gak mau jawab, tapi monggo coba dieksplore lagi resepnya. Kalau memang tidak ada measuring cup, bisa banget kok gugling konversi satuan dari cup ke gram hehehehe. Tuh kaaan jadi curhat gak penting yaa, tapi sekali-sekali gak apa-apa yaa hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siput Laut Masak Tauco / Periwinkle in spicy sauce

Penting, cara menghaluskan bumbu dapur efisien, mudah dan praktis!

Resep Capcay Kekian Kampung