Uceng Goreng Sambal Bawang

Bemula dari hobbi suami yang suka advanture ke "kali" alias suka mancing, maka hampir setiap minggu saya selalu lauk ikan, bahkan kalau liburan setiap hari juga lauk ikan. Namun ada hal yang berbeda dari hasil tangkapan suami yaitu golongan little fish..ya seperti ikan wader dan teman-temannya lah... so, bukan ikan besar yang selalu dibawa pulang..yang ada ikan-ikan ukuran mini yang sering saya masak..pada awalnya sih aneh lihat ikan kok kecil-kecil begitu, warnanya hitam, bayangin cara bersihkannya aja sudah capek duluan..namun sungguh diluar dugaan, setelah saya mencoba menggorengnya dan saya rasakan...wow..kok gurih banget ikan ini ya..tetapi karena setiap suami "go to kali" dan membawa pulang hasil tangkapannya selalu saja saya goreng. Kalau di pikir sih ini ide bagus untuk membuat menu makanan yang lain selain ayam, daging dan lainnya. Ditambah lagi dengan anak saya yang mulai sulit makan, mungkin karena bosan dengan makanan yang setiap hari disajikan menunya itu-itu saja. Tetapi saya masih penasaran dengan ikan kecil tersebut...setelah saya tanya suami mengenai nama si ikan, akhirnya saya mengetahui identitas si ikan..dia adalah si ikan "uceng"

ini dia penampakannya
“Uceng” biasa disebut dengan ikan “Jeler” dengan nama latin Nemacheilus Fasciatusv. Ikan ini bertubuh mungil dan ramping yah paling besar seukuran batang ballpoint dengan panjang kurang lebih 8-10 cm. Itu sudah ukuran bapaknya malah…hehe. Ikan uceng sangat menyukai habitat sungai air jernih, berarus deras, berpasir dengan banyak bebatuan di dasarnya. Keberadaan Ikan ini dapat menjadi indikator bahwa perairan sungai masih terjaga.

Meskipun ikan ini berukuran kecil, ternyata si uceng memiliki banyak manfaat. Manfaat pertama tentunya membuat lapar menjadi hilang, hahaha… namun tidak hanya itu saja, menurut berbagai referensi, manfaat ikan ini sebagai sumber gizi penting pada tumbuh kembang si kecil yaitu protein, vitamin A, omega 3, sodium dan masih banyak lagi. Nah, oleh sebab itu saya mencoba berbagi resep "uceng goreng sambal bawang". Ok, pertama yang perlu disiapkan adalah :


 
Bahan :
250g ikan uceng
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1 cm jahe 
Garam secukupnya 
Bahan-bahan diatas dihaluskan.  

Bahan sambal :
5 buah cabe rawit (sesuai selera)
3 buah cabe keriting (sesuai selera)
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 sendok makan minyak goreng panas
Garam dan gula secukupnya, tambahkan masako sedikit agar rasanya lebih mantap. 

Cara membuat :
1. Haluskan semua bahan untuk menggoreng ikan uceng.
2. Balurkan ikan uceng kedalam bumbu yang sudah dihaluskan.
3. Panaskan minyak dan goreng ikan saat api sudah tua/panas.
4. Tiriskan ikan uceng yang sudah digoreng. 
5. Siapkan bahan sambal dan haluskan semua bumbu sambal.
6. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng dan siramkan kedalam bumbu sambal yang sudah dihaluskan. 

Ok setelah semuanya selesai, hidangan uceng sambal bawang siap disajikan bersama nasi hangat ditambah lalapan tomat segar, kemangi dan kubis mentah. Dijamin deh rasa ikan uceng yang gurih membuat selera makan makin bertambah. Selamat mencoba. 

Nantikan resep berikutnya....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siput Laut Masak Tauco / Periwinkle in spicy sauce

Penting, cara menghaluskan bumbu dapur efisien, mudah dan praktis!

Resep Capcay Kekian Kampung