Pelajari tekniknya, gorengan kamu akan matang sempurna!


"Gorengan"...siapa yang tak suka dengan makanan ini? Setiap tempat yang menjual gorengan selalu ramai dipenuhi pembeli, maka tak jarang bila kita selalu menemukan penjual gorengan disepanjang jalan saking antusiasnya masyarakat dengan makanan ini. Karena rasanya yang gurih, krispi dan empuk apalagi dimakan dalam kondisi masih hangat hmm rasanya maknyeees!. Bagi kita yang suka jajan gorengan, tentu tak akan berpikir panjang bagaimana cara mengolahnya hingga tekstur hasil gorengannya renyah atau krispi, empuk, rasanya gurih, warnanya menarik misal kuning keemasan alias tidak gosong dan yang terpenting tidak mengandung banyak minyak. Pastinya itu semua butuh  teknik ya!, seorang koki untuk menciptakan hasil masakan yang bermutu juga perlu teknik..begitupun kita untuk menciptakan makanan yang enak ya harus belajar dulu bagaimana caranya. 

Bagus tidaknya hasil gorengan tergantung dari bagaimana teknik anda menggorengnya. Berikut ada beberapa point penting yang perlu anda tau dalam menggoreng makanan.






Pertama : 
Pilihlah minyak goreng yang berkualitas baik.
Artinya disini anda memilih jenis minyak goreng yang masih bagus atau baru bukan yang lungsuran atau minyak goreng yang sudah berkali kali dipakai. Minyak yang sudah berkali kali dipakai akan menghasilkan cita rasa yang kurang enak pada gorengan anda, misalnya anda menggunakan minyak goreng bekas goreng ikan asin kan rasanya enggak banget..

Kedua :
Pilihlah alat memasak yang berbahan stainlesteel atau alumunium atau bisa juga menggunakan bahan yang anti lengket. Peran ini juga penting karena bahan tersebut merupakan penghantar panas yang sangat baik, tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan.

Ketiga :
Gunakan api dengan suhu yang sesuai ketika menggoreng yaitu kisaran antara 170-200 derajat, lebih dari itu gorengan anda akan cepat gosong. Bila suhunya kurang dari kisaran, gorengan anda akan berminyak rasanya seperti lumer-lumer di mulut gitu..cara praktisnya agar kita tau minyaknya panas atau belum, anda bisa pakai termometer atau celupkan alat penggoreng yang terbuat dari kayu ke dalam minyak, bila ada letupan atau gelembung-gelembung kecil tandanya minyak sudah panas.

Keempat:
Bijak dalam menggunakan minyak dan alat memasak. Artinya, bila anda menggoreng dalam jumlah besar, ya minyaknya juga harus banyak (perbandingan bahan dan minya 1:6) dan alatnya (wajan) juga harus besar. Sebaliknya, bila anda menggunakan minyak sedikit dan wajan yang mini dengan jumlah bahan yang banyak yaa..siap-siap aja anda berdiri 5 jam di depan kompor 😅.

Kelima:
Usahakan minyak selama proses penggorengan tetap bersih dan tidak berubah warna. Artinya anda berhati-hati jika menggoreng bahan yang mudah rontok atau memiliki remahan, karena akan membuat cepat gosong dibagian dasarnya, minyak mudah kotor dan hasil gorengan berwarna coklat kehitaman. Jika anda ingin menggoreng dengan bahan yang berbeda, pastikan dulu pilihlah bahan yang tidak mudah mengotori minyak agar hasilnya lebih maksimal.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siput Laut Masak Tauco / Periwinkle in spicy sauce

Penting, cara menghaluskan bumbu dapur efisien, mudah dan praktis!

Resep Capcay Kekian Kampung