Sayur bening bayam wortel segar

Sayur bening sangat cocok disajikan ketika cuaca sedang panas. Selain itu, memasaknya juga sangat praktis dan tidak terlalu banyak rempah. Jenis sayuran yang cocok untuk sayur bening macam-macam mulai dari daun-daunan, kacang-kacangan, serealia dan umbi-umbian. Sayur bening yang paling populer adalah sayur bening bayam. Sayur bening bayam bisa dikombinasikan dengan sayuran lainnya misal jagung, wortel, tomat, tauge, gambas/oyong, kecipir dan lain -lain. Kenapa begitu? Agar nutrisi dalam sayur bening bayam bisa kompleks tidak hanya ada zat besi dari bayam saja, tetapi ada nutrisi lain seperti wortel yang praktis tinggi vitamin A. 

Bagi anda yang mungkin sedang kekurangan nutrisi misalnya sedang letih lemas, lagi sakit flu, kurang tenaga, sayur bening bayam dapat memenuhi kekurangan nutrisi tersebut. Makanan ini juga cocok untuk tumbuh kembang si kecil, ibu hamil & menyusui. Tingginya zat besi dan asam folat sangat membantu perkembangan otak janin dan anak-anak, memenuhi kebutuhan tenaga/energi, mencegah penyakit anemia/kekurangan zat besi dan memperbanyak produksi asi. 

Mengolah makanan ini tidak terlalu repot, sayurannya cukup "dicemplung" dalam air mendidih  yang sudah diberi bumbu, lalu siap disajikan.. berikut ini saya bagikan resepnya :

Bahan : 
2 ikat bayam hijau 
1 buah wortel ukuran besar (diiris) 
1 ruas lengkuas (diiris)
2 sdm bawang goreng (bawang putih dan merah)
Gula garam secukupnya

Cara membuat:
1. Didihkan air kira-kira 750 ml
2. Masukkan bayam, wortel dan lengkuas, tunggu sampai agak mendidih
3. Tambahkan bawang goreng, gula dan garam secukupnya
4. Cek rasa dan matikan kompor bila makanan sudah matang
5. Angkat dan sajikan

Sayur bening bayam wortel yang sangat segar ini cocok dihidangkan dengan lauk ayam atau ikan goreng. Kandungan protein dari ayam atau ikan dipadukan dengan zat besi dari bayam dapat memenuhi kebutuhan energi anda sehari-hari. Karena dalam pembentukan energi, zat besi sangat membutuhkan protein.
Yuk, penuhi energi dan nutrisimu dengan gemar makan ikan dan sayur bayam !
Selamat mencoba..





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siput Laut Masak Tauco / Periwinkle in spicy sauce

Penting, cara menghaluskan bumbu dapur efisien, mudah dan praktis!

Resep Capcay Kekian Kampung